SALESMANSHIP


KEHIDUPAN adalah suatu rangkaian perubahan yang terus-menerus, namun ironisnya sering kali kita cenderung membenci dan menolak perubahan. Perubahan dalam kehidupan kita tidak bisa dihindari. Semua akan berubah. Kalau Anda tidak mau berubah maka Andalah yang akan diubah oleh waktu dan keadaan. Karena itu diperlukan sikap kreatif  untuk menyikapi itu semua, sebab pilihannya: Anda yang akan mengubah keadaan dan kehidupan atau Anda yang akan diubah keadaan dan kehidipan itu.

Anda sedang berpacu dengan waktu dan keadaan yang terus bergulir. Ia tak mempedulikan Anda. Sedang apapun Anda, ia akan terus berjalan menelan Anda dan impian-impian Anda. Ia akan menggulung cita-cita Andadan masa depan Anda manakala Anda tidak siap untuk melawannya.

Sedikitnya ada tiga penyebab terjadinya perubahan dalam hidup kita:

  1. Usaha manusia dalam mencari kebenaran/ keesempurnaan
  2. Daya cipta manusia menimbulkan perubahan
  3. Kondisi alam

MENJADI SALESMAN

Ada beberapa poin pentang yang mesti dicatat di sini tentang salesmanship, yakni:

Pertama, ilmu menjual ini usianya sama dengan usia manusia. Sejak Adam dan Hawa diturunkan di dunia, hidup ini sesungguhnya adalah jual beli. Permintaan dan penaaran senantiasa lahir beriringan.

Anda lahir telanjangsudah meminta baju sebagai penutup dan pelindungnya dari terpaan angin dan suhu ruangan, pembersih dari lender dan kotoran, makanan karena pertumbuhannya memerlukan gizi dan vitamin yang cukup, minuman untuk penghilang rasa kehausan karena Anda keluar dari rahim ibu nangis.

Itu adalah permintaan. Makanya muncul, oleh orang-orang yang bisa menangkap peluang usaha, bisnis aneka produk kebutuhan bayi, seperti popok, sabun, selimut, baju, parfum, makanan, minuman, susu, roti, dan sebagainya.

Hidup sudah diciptakan sedemkian rupa menjual dan membeli.

Kedua, setiap manusia adalah penjual. Ketika kecil Anda menangis untuk mendapatkan sesuatu dari ibu. Tangisan Anda kecil itu adalah upaya Anda menjual sesuatu supaya diperhatikan. Anda kecil sedang promosi bahwa dengan menangis maka saya akan dapat sesuatu yang saya inginkan.

Anda yang suka berbicara misalnya. Bicara Anda adlah jualan Anda, yang dengan berbicara maka Anda akan dihargai dengan sesuatu, berupa uang, barang, jabatan, perhatian, dan pujian. Menjadi politisi yang dijual adalah isu dan argumentasi. Karena kredibilitas omongan Anda maka Anda dibeli orang untuk menjadi anggota legislatif atau menduduki jabatan tertentu.

Ketiga, Anda harus berupaya menggugah kebutuhan orang akan produk yang dijual. Kemampuan memahami kebutuhan orang lain adalah upaya menangkap peluang yang bisa dijadikan uang.

Keempat, citra salesman/ pengusaha itu ditentukan oleh nilai-nilai pribadinya, yaitu Edded Value terhadap diri sendiri, orang lain, dan prosesnya. Nilai tambah bagi salesman adalah citra yang akan dijual mahal dan menghasilkan banyak uang.

Kelima, self confidence atau rasa percaya diri yang berkelanjutan. Salesman yang professional harus dapat menujukkan keyakinan pada diri sendiri, kepercayaan kepada perusahaan tempat kerjanya, hasil produksinya, dan kepercayaan akan masa depannya.  Kepercayaan adalah segalanya. Kepercayaan adalah sesuatu yang mahal harganya. Kepercayaan sangat utama dalam suksesnya bisnis Anda.

Suksesnya seorang salesman ditentukan antara lain oleh luas dan mendalamnya pengetahuan salesman pada hal-hal sebagai berikut:

  1. Siapa diri saya ( who am I )
  2. Pengetahuan tentang suatu produk yang dijual ( product knowledge )
  3. Pengetahuan tentang pelanggan dan wilayah ( knowledge of customer and teritory )
  4. Keterampilan menjual (selling skill ).
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s


%d bloggers like this: