PELUANG BISNIS KAKILIMA


“Tanpa menyewa tempat usaha pun, bisnis kakilima dapat dijalankan.”

PENGERTIAN KAKILIMA

Orang sering salah mengira dengan mengartikan kakilima dengan warung roda dua, dengan satu kayu penopang, ditambah dua kaki orang yang mendorongnya, jadilah jumlah kakinya lima.  Menurut sejarahnya, kakilima berasal dari kebijakan Stanford Raffles pada masa penjajahan yang membuka kesempatan bagi kaum pribumi untuk berusaha di emperan atau trotoar yang lebarnya lima kaki.

Adapun usaha kakilima di negeri ini memiliki produk beraneka ragam, mulai dari makanan, kerajinan tangan, pakaian jadi, voucher HP, hingga tiket bus malam antar pulau atau pesawat (meskipun tidak secara on-line).

KEUNGGULAN USAHA KAKILIMA

Ada beberapa nilai tambah dari usaha kakilima. Yang pertama adalah modal yang tidak terlalu besar. Apabila berhasil, maka keuntungan yang diperoleh dapat menjadi dua kali lipat dibandingkan dengan modal yang ditanam. Yang kedua adalah bahwa usaha ini tidak membutuhkan tempat yang terlalu besar. Yanng penting lokasi usaha harus cukup dekat dengan daya beli dan dapat dijangkau dengan mudah oleh calon pembeli atau konsumen. Yang diperlukan di sini adalah tempat untuk etalase barang yang akan dijual.

TANTANGAN USAHA KAKILIMA

Ketekunan dan kreativitas menjadi salah satu tuntutan dari usaha kakilima. Apabila keduanya tidak dimiliki, maka tidak tertutup kemungkinan usaha ini akan tutup lebih cepat dari yang diperkirakan. Selanjutnya, karena begitu mudahnya konsep kakilima ini, sering kali pengusaha lupa bahwa kemasan produknya tidak dikerjakan secara kreatif. Kemasan yang buruk sekalipun produknya menarik akan membuat konsumen cepat bosan. Kemasan yang kurang inovatif juga akan memudahkan orang lain untuk meniru. Dengan kata lain, meskipun usaha ini termasuk usaha yang sederhana, tetapi pengerjaannya tidak boleh dilakukan dengan serampangan.

Di samping itu, pengusaha kakilima juga perlu mempersiapkan “tabungan operasional” karena tidak mungkin atau kecil kemungkinan pertama kali usaha dijalankan langsung mendapatkan keuntungan cukup tinggi.

JENIS-JENIS BISNIS KAKILIMA YANG PALING MENGUNTUNGKAN

‘Salah satu ciri khas kakilima adalah harganya yang murah.”

Jenis-jenis bisnis kakilima yang paling menguntungkan di sini dibagi menjadi dua jenis. Yang pertama, bisnis kakilima di bidang makanan dan yang kedua, bisnis di luar bidang makanan dan minuman. Pembedaan di sini karena pada kedua bidang ini memerlukan strategi dan kunci sukses yang berbeda.

A. MAKANAN DAN MINUMAN

Pakar manajemen kerap merumuskan prinsip-prinsip pemasaran usaha dengan istilah 4P, yakni Product (produk), Price (harga), Place (tempat), dan Promotion (promosi). Bagi pengusaha kakilima, khususnya yang bergerak pada bidang malkanan dan minuman, keempat prinsip ini diterjemahkan sebagai berikut:

1. PRODUK

Menu Unik dan Khas

Bila ingin sukses, pengusaha warung kakilima harus membuat menu yang unik, menarik, dan mampu menonjolkan cirri khasnya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengnan menggali perpaduan berbagai bumbu nusantara sehingga menghasilkan masakan yang memiliki cita rasa khas.

Rasa yang konsisten

Konsistensi menjadi salah satu kunci utama keberhasilan usaha. Konsisten dalam rasa menjadi hal yang vital. Jangan sampai mengubah komposisi atau bahan apabila menu yang ada sudah digemari pelanggan dan usaha kakilima Anda mulai ramai. Pelanggaran terhaap konsistensi ini akan berakibat pada larinya pelanggan Anda.

Pelayanan yang cepat

Meskipun tidak berwujud barang, pelayanan yang cepat dan responsif akan membuat konsumen menghargai Anda. Konsumen yang puas tidak hanya akan kembali, tetapi juga akan mendatangkan beberapa konsumen lain yang sangat prospektif menjadi pelanggan Anda.

2. HARGA

Harga terjangkau

Salah satu ciri khas warung kakilima adalah harganya yang kakilima. Harga yang patok harus cukup terjangkau bagi calon konsumen khususnya dari segmen menengah ke bawah. Sekalipun suatu hari nanti resto ini menjangkau kelas atas, maka diusahakan agar prinsip harga terjangkau ini tetap dipertahankan. Prinsip ini tidak dapat diganggu gugat walaupun resto tersebut kemudian berkembang menjadi semi modern.

Tidak gampang menaikkan harga

Sebagai tindak lanjut dari prinsip tidak menaikkan harga, maka pengusaha warung kakilima pada umumnya tidak mudah menaikkan harga produk mereka walaupun harga bahanbaku sudah naik. Harga merupakan perkara sensitif bagi pelanggan. Itu sebabnya kenaikan harga usaha kakilima biasanya berlangsung lambat.

Benchmarking dengan Warung Makan Modern

Agar yakin dengan penetapan harganya, pengusaha kakilima biasanya melakkukan survey terhadap usaha sejenis. Dari survei tersebut, pengusaha dapat menentukan harga yang wajar, di bawah harga produk restoran pada umumnya.

3. TEMPAT

Dekat dengan Konsumen

Semua pengusaha, mulai dari kakilima hingga konglomerat akan setuju bahwa likasi usaha yang ideal adalah tempat yang mmudah dijangkau oleh calon konsumen. Untk usaha kakilima, tempat usaha yang paling menguntungkan adalah di pinggir jalan dan dekat dengan pusat keramaian misalnya mal, pasar, perkantoran, atau kampus.

Lintas 24 Jam

Selain di pusat keramaian, adalah sangat baik apabila tempat usaha kakilima didirikan di area yang dilalui oleh kendaraan dan orang yang beraktivitas.

Parkir yang Mudah

Seiring dengan perkembangan usaha dan juga perkembangan pelanggan, maka tempat parkir yang lega, mudah, dan leluasa menjadi prasyarat berikutnya

4. PROMOSI

Promosi dari Mulut ke Mulut

Dalam dunia pemasaran, promosi, dari mulut ke mullut diakui menjadi promosi yang paling efektif bagi perkembangan usaha. Jadi, usahakanlah agar semua konsumen yang datang ke tempat Anda tidak merasa rugi sudah datang dan menikmati produk usaha Anda.

Apa yang mereka katakana mengenai produk Anda kepada oranng lain akan sanngat menentukan apakah Anda akan untung atau rugi.

Metode Jemput Bola

Saat ini usaha apa pun akan lebih cepat berkembang apabila pemilik usaha cukup proaktif dalam menangani usahanya. Alih-alih menunggu pelanggan datang ke warung Anda, akan sangat menguntungkan apabila Anda sebagai pemilik usaha juga menawarkan produk Anda ke kantor-kantor, kampus, atau teman-teman dalam komunitas Anda.

Membangun Pelanggan yang Loyal

Pada akhirnya, inti dari semua usaha yang bisa Anda lakukan adalah munculnya pelanggan yang tetap. Adanya pelanggan yang loyal menandakan bahwa produk Anda dihargai dan memiliki nilai tambah dibandingkan usaha dan produk sejenis lainnya.

Oleh karena itu, pelanggan tetap patut mendapatkan perhatian yang serius dan diperlakukan secara khusus. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan suatu menu special secara cuma-cuma di hari ulang tahunnya.

Keempat hal di atas mutlak dibutuhkan saat Anda berniat mengembangkan bisnis kakilima di bidang makanan dan minuman. Ada berbagai macam jenis bisnis kakilima yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Namun di sini akan kita bahas jenis-jenis bisnis kakilima di bidang makanan dan minuman yang prospektif mendatangkan keuntungan bagi Anda seperti:

Burger

Kunci Sukses

ü              Tempat dekat denngan lokasi keramaian

ü              Harga terjangkau

ü              Kreasi isi dan rasa.

Pecel Lele, Ayam, Tempe, Tahu, dan Telur

Kunci Sukses

ü              Lokasi yang tepatdekat pemukiman

ü              Buatlah variasi menu dan juga buatlah rasa sambal yang khas

ü              Harga tidak terlalu mahal.

Mi Ayam Bakso

Kunci Sukses

ü              Lokasi yang berdekatan dengan lokasi perkantoran

ü              Kreasikanlah mi dari bahan buah atau sayuran sehingga berkesan unik

ü              Harga yang terjangkau, baik bagi anak-anak sampai mahasiswa serta pekerja.

Nasi Goreng Kambing atau Sate Kambing

Kunci Sukses

ü              Rasa yang sesuai dengan keinginan pembeli

ü              Kenyamanan tempat

ü              Jika bisa memberikan harga yang lebih murah dibaning pesaing terdekat, akan menarik minat pembeli.

Es Buah

Kunci Sukses

ü              Lokasi harus dekat dengan jalan raya

ü              Harus selalu berinovasi dengan bermacam-macam rasa buah dan dengan dikombinasikan sirup aneka rasa

ü              Harga yang terjangkau, sekitar Rp 2.500,00-Rp 5.000,00.

Aneka Gorengan

Kunci Sukses

ü              Harga yang murah meriah

ü              Lokasi yang tepat, misalnya dekat perumahan atau dekat dengan jalan raya

ü              Kreasi rasa.

B. BISNIS LAIN

  1. Voucher Pulsa Isi Ulang ala Kakilima

Kunci Sukses

ü      Tempat yang strategis

ü      Harga yang bersaing

ü      Kelengkapan berbagai voucher dan perdana

  1. Penjualan Alat-alat Rumah Tangga

Kunci Sukses

ü      Sistem jemput bola dapat digunakan untuk mencari pelanggan

ü      Berikanlah harga yang lebih murah dibanding harga toko pada umumnya

ü      Memilih tempat yang dekat dengan perumahan baru.

  1. Agen Tiket dan Tour

Kunci Sukses

ü      Lokasi penjualan harus dekat dengan keramaian dan perumahan

ü      Berikanlah service antar tiket sampai tempat

ü      Buatlah paket touryang menarik dengan harga yang terjangkau dan kerjasamalah dengan agen perjalanan yang besar, karena sistem ini akan sangat menguntungkan kedua belah pihak.

  1. Kerajinan / Handycraft

Kunci Sukses

ü      Anda harus melakukan usaha promosi dengan baik, dengan cara mencari tahu tentang jadwal pameran kerajinan yang diselenggarakan di kota Anda dan apabila memungkinkan di kota lain yang tiak terlampau jauh. Anda juga dapat berpromosi melalui internet karena tidak jarang konsumen kerajinan berasal dari Negara lain.

  1. Kios Koran dan Majalah

Kunci Sukses

ü      Tempat yang strategis

ü      Kepandaian menjalin relasi dengan agen

ü      Kepandaian mengelola stok.

  1. Stiker

Kunci Sukses

ü      Memahami trend dan keinginan pasar

ü      Bahan baku berkualitas

ü      Kemampuan desain sesuai dengan keinginan pasar

ü      Lokasi penjualan juga harus dekat dengan aktivitas publik

ü      Tempat usaha tampil mencolok.

  1. Penjualan Pakaian dan Aksesoris

Kunci Sukses

ü      Barang yang dijual bagus dan sesuai trend

ü      Harga terjangkau

ü      Tempat berdekatan dengan pusat perbelanjaan

ü      Jaringan produsen pakaian dan aksesoris yang berkualitas.

  1. Usaha Sepatu

Kunci Sukses

ü      Carilah lokasi yang dekat dengan pusat perbelanjaan, misalnya pasar, mall, atau tempat lainnya

ü      Harga harus relatif miring dibandingkan took-toko sepatu yang sedang diminati saat ini

ü      Jaringan produsen sepatu dan sandal berkualitas

ü      Pelayanan harus ramah dan bersahabat.

Posted by : Dharmajaya Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s


%d bloggers like this: