NO PAIN NO GAIN

1. Definisi Sukses

“ Sukses adalah menikmati keberhasilan pencapaian cita-cita ” .

(Johanes Lim)

Definisi sukses adalah menikmati keberhasilan pencapaian cita-cita. Maka anda tidak perlu harus sekaya konglomerat Sudono Salim untuk bisa menyebut diri anda sukses. Asalkan anda mempunyai cita-cita, dan anda berhasil mencapainya, serta anda menikmati keberhasilan pencapaian itu, maka anda termasuk orang yang sukses!

Makna sukses bersifat relatif, subjektif, mudah dim= mengerti, dan mudah di capai. Setiap orang bisa meraih sukses dalam hidupnya, selama ia mau mempunyai cita-cita, mau berjuang untuk merealisasikannya, dan bisa menikmati hasil pencapaian cita-citanya tersebut.

2.  Tuhan dan Nasib

Tuhan adalah Dzat yang menciptakan manusia, langit, dan bumi beserta isinya yang patut kita. Tuhan itu ada terbukti dari hasil ciptaanNya di alam semesta yang luas ini. Hipotesis adalah; Sebagaimana jam tangan tidak mungkin ada dengan sendirinya, dan pasti ada yang menciptakannya. Demikian juga dengan alam semesta beserta dengan semua isinya ini, tidak mungkin ada dengan sendirinya, dan pasti ada Oknum yang menciptakannya, yang mereka percayai sebagai Tuhan – Dzat \ oknum yang tidak di ciptakan, dan ada dengan sendirinya.

Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya.. Ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk menari, ada waktu untuk meratap, ada waktu untuk tertawa.. , ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelam pekerjaan yang di lakukan ALLAH dari awal sampai akhir.

3.  Peranan Agama dan Sukses

Faktor agama juga berpengaruh terhadap karakter dan perjalanan hidup anda, pemilihan agama pun harus berlandaskan asas benefisial yakni yang paling bermanfaat dan menguntungkan bagi anda pribadi, dan sesama manusia di lingkungan anda.

Alasan perlunya beragama, karena:

1)       Akan mengajarkan kita hal moral dan ketuhanan, yang berguna untuk membentuk karakter yang lebih baik.

2)       memberikan damai sejahtera dan penghiburan dalam mengarungi bahtera kehidupan, karena keyakinan baha Tuhan yang kita sembah,

3)       Masalah keyakinan akan adanya akhirat besrta dengan kompensasinya, yakni hukuman neraka, atau kebahagiaan surgawi, yang kekal.

Sifat dan tujuan hakiki agama adalah keharmonisan, kerukunan, kedamaian, dan kebahagiaan umat manusia.

4. Anda Dilahirkan Untuk Sukses

Manusia di ciptakan untuk sukses, berkuasa, dan menguasai bumi beserta dengan segala isinya. Sukses adalah hukum alam. Sukses adalah naluri alamiah. Apa pun juga yang ada di alam ini mempunyai naluri sukses. Manusia sebagai makhluk yang lebih superior di bandingkan dengan tumbuhan dan binatang, terlebih lagi mempunyai perkembangan naluri sukses ini, desakan, motivasi untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Sasaran utama manusia adalah menuju ke suatu prestasi yang kreatif. Secara naluriah, manusia itu ingin hidup sukses, kaya, pandai, sehat, dihargai, dicintai, bahagia dan segala hal yang baik. Itulah yang disebut naluri sukses (success instinct). Karenanya, dengan naluri alamiah tersebut, dan motivasi serta daya upaya manusia untuk sukses, dan menolak kegagalan, akan sangat mempermudah orang untuk sukses! Untuk menjadi sukses seharusnya lebih mudah daripada menjadi gagal: Naluri alamiah sukses anda akan membantu anda untuk mencapai sukses dan menghindari kegagalan.

5. Bagaimana Cara Menciptakan Sukses

1)       Anda harus tahu produk anda. Anda harus tahu sukses jenis apakah yang ingin anda ciptakan. Sebab jika anda tidak tahu bagaimana mungkin anda bisa menghasilkannya.

2)       Mempunyai persediaan bahan material dasar, yakni talenta, pengetahuan, keterampilan, motivasi, komitmen, pekerjaan, dan jenjang karier yang harus anda lalui.

3)       Proses produksi, yakni perencanaan, strategi, program, kerja keras, kontrol kualitas, revisi, ketekunan, dan semangat juang anda, sampai menjadi produk akhir yang anda harapkan sukses.

Ingat!

Sukses atau nilai anda bukanlah tergantung dari berapa banyak hal yang anda ketahui, tetapi lebih kepada berapa banyak hal yang anda hasilkan! “Tanpa hasil nyata, semua ilmu pengetahuan, talenta, dan kehebatan anda hanya seperti ensiklopedia di perpustakaan umum.

6. Manusia Sebagai Produk Lingkungan

Lingkungan menciptakan kita, menetukan cara berpikir maupun cara bertingkah laku kita. Besar kecilnya pikiran anda, tujuan hidup anda, sikap anda, pribadi anda di bentuk oleh lingkungan. Manusia sebagai produk lingkungan di kelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu:

1)       Kelompok manusia menyerah total, orang-orang yang menganggap bahwa kesuksesan hanya untuk orang lain yang bernasib baik.

2)      Kelompok manusia setengah menyerah, orang-orang yang membuat rencana tetapi hanya karena menghadapi berbagai pergumulan dalam mencapai tujuan mereka, mereka langsung menyerah.

3)      Kelompok manusia  tak mudah menyerah, orang-orang yang tak mau didikte oleh rasa pesimis, tak pernah mau menyerah kepada lingkungan yang menekan, dan tak percaya kepada hidup “merangkak”.

7. Kuasa Kepercayaan

Adalah pertanyaan yang dijamin kebenarannya, “Sebagaimana orang berpikir dalam hatinya, demikianlah ia akan menjadi!”

Maksudnya: Apa yang anda percayai untuk terjadi, ia akan memikirkan yang terjadi. Karena jika seorang percaya, ia akan memikirkan cara untuk merealisasikan kepercayaan ataupun gagasan tersebut ke dalam action plans. Kepercayaan yang sedemikian kuat memungkinkan anda mengerjakan apa yang ingin anda kerjakan!

Kuasa kepercayaan adalah bukan hanya pengharapan atau keinginan – apalagi khayalan – belaka, melainkan kepercayaan dinamis, yang disertai dengan tindakan; tanpa tindakan, kepercayaan hanyalah omong kosong belaka dan tidak layak disebut kepercayaan.

8.  5 Langkah Untuk Meningkatkan Citra & Kepercayaan Diri

Anda berharga, mulia, berkuasa penuh atas hidup dan kehidupan anda. Anda bisa menjadi apa saja sebagaimana yang anda inginkan. Supaya lebih mudah bagi anda untuk meningkatkan citra dan kepercayaan diri anda, gunakanlah akronim DRAFT (konsep, rencana)

Delete            =   Hapus semua data lama yang negatif.

Replace          =   Ganti dengan data baru yang positif.

Affirm            =   Tegaskan citra diri anda yang baru.

Focus  =   Pusatkan perhatian pada citra keberhasilan.

Train  =   Latihlah sikap dan perilaku yang baru

9.  Menjadi The Best Achiever

q      Goal & Result Oriented

Tujuan hidup yang berfokus, berharga, dan tertulis, dapat di analogikakan sebagai kompas bagi kapal agar kita bisa berlayar tanpa menyimpang arah sehingga bisa segera sampai ke pelabuhan tujuan. Jika anda ingin untuk menjadi individu pencapai hasil terbaik (The Best Achiever), dan mendapatkan apa saja yang anda inginkan, tidaklah tergantung pada level pendidikan, latar belakang keluarga, agama, ras, ataupun kapasitas mental anda, namun lebih tergantung kepada SIKAP MENTAL anda. Untuk dapat memperoleh apa saja yang anda inginkan, ada 3 aturan emas untuk sukses, yakni 3 HGD:

1)         Have Great Dreams(Memiliki Tujuan atau Mimpi Besar)

2)         Have Great Deeds   (Memiliki Perbuatan atau Aksi Besar)

3)         Have Great Drive    (Memiliki Komitmen dan Motivasi)

q       Elemen Sukses

Sukses bersifat mutual benefit, dan mempunyai 2 elemen yang harus di penuhi untuk bisa mencapainya, yakni:

  1. Berikan kepada orang lain lebih dari apa yang mereka inginkan.
  2. Jangan berikan kepada orang lain apa yang mereka tidak inginkan.

Cara untuk mendapatkan apa yang anda inginkan harus di mulai dengan terlebih dahulu memberikan apa yang orang lain inginkan. Semakin banyak anda memberi, maka semakin banyak pula anda menerima.

q      Berkompetensi dengan Diri Sendiri

Orang yang sukses mempunyai kebiasaan sukses, yakni berkompetensi dengan diri sendiri, dan melakukan ‘stretching’, atau meregangkan kemampuan diri dengan cara menetapkan standar target yang tinggi secara berkesinambungan segera setelah satu ujian tercapai. Jika anda berkompetensi dengan diri anda sendiri, maka manfaat yang anda peroleh adalah:

  1. Kelegaan atau kebebasan untuk menjadi diri sendiri.
  2. Bisa menetapkan standar target sendiri
  3. Bisa saja anda menjadi lebih baik dari orang-orang yang sebelumnya anda tiru.
  4. Target dan perjuangan hidup anda selalu menjadi motivator.

q        Hemat Pangkal Kaya

Kebenaran filosofi “Hemat pangkal Kaya” dari buku The Millionaire Next Door – The Surprising Secret of America’s Wealthy karangan Thomas J. Stanley Ph.D. Dan William D. Danko, Ph.D. Yang mengungkapkan tentang kiat menjadi orang kaya, lakukanlah 3 hal:

  1. Lakukan pekerjaan atau bisnis yang tepat agar kita mendapat penghasilan besar.
  2. Keluarkan uang secukupnya untuk membiayai kebutuhan hidup yang nyaman, dan sebagian lagi bisa dialokasikan sebagai tabungan.
  3. Investasikan tabungan di tempat yang terus menguntungkan dan aman.

10 . Strategi Sukses Studi

Anda mempunyai gelar akademis sekaligus kompetensi sebagai ilmuwan, untuk memudahkan karir anda.  Fungsi dan manfaat pendidikan formal adalah untuk membentuk baik pola berpikir yang komprehensif integral maupun kemampuan memproses pengambilan keputusan secara sistematis – logis yang sulit di lakukan tanpa pengetahuan atau wawasan yang luas. Ada beberapa metode yang dapat anda gunakan untuk mencapai sukses anda, yaitu:

  1. Milikilah tujuan hidup secara tertuli yang fokus. Agar anda menetapkan arah pencapaian tujuan yang sesuai dengan cita-cita anda sejak usia muda.
  2. Memilih bidang yang disukai dan yang menunjang pencapaian obsesi. Ambillah bidang studi yang anda gemari dan sesuai dengan keahlian dan bakat anda karena itu akan menambah kegemaran anda dan dapat membuat anda tidak bosan dalam belajar.
  3. Gemar membaca. Jadikan kebiasaab membaca menjadi kegemaran anda, karena hal itu sangat bermanfaat bagi sukses kehidupan anda.
  1. Mendahului pelajaran. Baca dan pelajarilah terlebih dahulu pelajaran yang akan     di ajarkan esok hari dan buatlah catatan tentang istilah atau hal yang belum anda mengerti dari pelajaran tersebut dan tanyakanlah kepada guru anda.
  2. Menyimak dan gemar bertanya. Setelah anda mempelajari topik bahasan ,anda harus menyimak dengan serius apa yang di ajarkan guru anda dan tanyakanlah apa yang anda tidak mengerti. Setelah itu anda juga harus mengulangi kembali apa yang telah di ajarkan guru anda, sesuaikan apa yang anda pelajari sendiri dengan yang anda terima dari guru anda.
  3. Pergaulan kondusif. Seleksilah pergaulan anda. Jangan bergaul dengan orang yang tidak mempunyai tujuan hidup yang jelas.
  4. Pola hidup yang sehat. Anda harus mampu mengelola waktu dan aktivitas anda secara seimbang agar menjadi bervariasi secara harmonis.

11 . Strategi Sukses Karir

Anda akan dapat meraih sukses lebih cepat dari kebanyakan orang, dengan memenuhi kualifikasi “Strategi Sukses Studi” pada lembar sebelumnya. Inilah strategi dan program sukses karir:

  1. Goal & Result Oriented. Orientasi kepada prestasi nyata merupakan strategi sentral yang dapat menjadikan anda sebagai The Best Achiever. Jika anda sudah paham tentang apa yang anda inginkan dalam hidup ini, maka anda akan memilih bidang pendidikan ataupun karir yang sesuai dengan tujuan hidup anda.
  2. Cintailah pekerjaan anda. Lakukanlah pekerjaan yang anda sukai, yang efektivitas, dan yang produktivitas. Dengan begitu anda akan merasa ikhlas mengerjakannya dan menganggapnya sebagai sebuah anugerah.
  3. Gemar belajar. Setelah anda bekerja sesuai latar pendidikan dan talenta anda, anda juga harus terus membiasakan diri untuk belajar, baik secara formal maupun informal. Bacalah buku-buku ilmu pengetahuan yang bisa Continuous Core Competences Development. Kembangkanlah kompetensi diri anda secara berkesinambungan agar wawasan dan pengetahuan anda menjadi luas dan dalam.
  4. Continuous Core Competences Development. Kembangkanlah kompetensi diri anda secara berkesinambungan agar wawasan dan pengetahuan anda menjadi luas dan dalam
  5. Work harder, Work smarter. Kerja keras anda tidak akan cukup untuk membuat anda sukses lebih cepat. Agar pekerjaan anda seimbang, anda juga harus bekerja lebih cerdas agar pekerjaan yang anda kerjakan tepat dan memberikan manfaat lebih. Bekerja lebih keras adalah bekerja secara efisien, dan bekerja lebih cerdas adalah bekerja secara efektif.
  6. Inisiatif dan inovatif. Jika anda ingin cepat sukses dalam karir, bukan hanya kerja secara rutin saja yang di butuhkan, melainkan anda harus kerahkan segenap pengetahuan dan pengalaman serta intuisi anda untuk kemakmuran perusahaan anda.
  7. Eloquent. Artinya adalah kefasihan berbicara untuk mempengaruhi orang, baik melalui tatap muka pribadi, ataupun melalui kecakapan berbicara di depan publik.
  8. Tactful. Kebijakan, taktis, atau kemampuan untuk membawa diri. Teknik tactful yang perlu anda ketahui agar anda dapat memenangkan kompetensi, yaitu:

a. Anda harus berkompeten agar anda tidak seperti tong kosong nyaring bunyinya.

b. Anda harus menjadi pribadi yang pro – aktif dalam menyejahterakan perusahaan.

c. Berlakulah cerdik dan bijaksana.

  1. MBA = Make Boss Affluent. Buat bos makmur adalah perilaku positif yang langka dilakukan orang. Jika anda ingin makmur di perusahaan anda bekerja, kama anda harus membuat makmur bos anda terlebih dahulu.

12. Strategi Sukses Bisnis

Untuk membuat bisnis anda lebih cepat datangnya, anda harus mengikuti poin-poin berikut:

  1. Misi bisnis yang meritokrasi, dan berorientasi untuk menjadi The Best, High Achiever. Maksudnya, tujuan bisnis anda untuk mendapatkan laba dan pertumbuhan usaha yang progresif – secepat-cepatnya, sebesar-besarnya, dan selanggeng mungkin.
  2. Sebaiknya anda menjadi perusahaan pertama yang memperkenalkan produk\jasa yang inovatif ke segmen pasar anda.
  3. Jika produk anda bukan pionir, dan hanya produk ikutan, untuk bisa memenangkan pasar maka anda harus mempunyai keunggulan manfaat yang kompetitif.
  4. Menjadi perusahaan yang efektif dan efisien agar anda dapat mengembangkan Low Cost Innovative Quality Product(Produk inovatif, berkualitas, ekonomis, dengan pelayanan terbaik).
  5. Anda harus berperilaku Continuous Core Competitive Advantage Cannibalism. Yaitu berperilaku kanibalisme terhadap keunggulan inti produk sendiri secara berkesinambungan dengan tujuan agar anda bisa terus mendominasi pasar dan mencegah pesaing menggerogoti pangsa pasar anda. Manfaat dari strategi ini adalah dengan maraknya produk sejenis dengan berbagai variasi pasar (upayakan agar semuanya adalah milik anda yang anda lakukan secara selubung untuk mengelabui calon kompetitor – mempersulit penetrasi pasar oleh produk baru calon kompetitor.
  6. Pelayanan yang baik dan ramah harus dilengkapi dengan manfaat produk\jasa yang lebih besar daripada manfaat yang diberikan oleh kompetitor.

13.  Easy Come Easy Go

Maksud filosofi ‘easy come easy go’ (mudah datang mudah pergi) adalah bahwa segala sesuatu yang mudah di peroleh akan mudah hilang pula. Biasanya, orang yang mendapat penghasilan secara mudah, akan mudah pula menghabiskannya. Begitu pula sebaliknya, orang yang mendapat penghasilan atau mengumpulkan penghasilannya dengan bersusah payah, maka orang tersebut akan sangat berhati-hati dan perhitungan dalam membelanjakannya.

  • Jangan mengharapkan Hadiah tanpa Keringat

Ada 4 alasan mengapa kita tidak boleh mengharapkan hadiah tanpa keringat, yaitu:

  1. Hal itu dapat membuat anda malas berpikir, malas berencana, malas bekerja dan berjuang.
  2. Anda akan mudah berperilaku negatif, mencari jalan pintas, dan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan kesenangan anda semata Dengan perilaku dan sifat diatas, anda akan dilecehkan dan dihina orang lain, baik secara terselubung maupun terbuka.
  3. Orang akan enggan menjalin bisnis dengan anda.
  4. tanpa kerja keras.
  • Hindari “Beggar Mentality”

Janganlah mempunyai mental pengemis yang bisanya hanya meminta-minta tanpa mau memberi jasa. Jika anda mempunyai manfaat yang bisa ditukar dengan uang atau jasa orang lain, mereka akan menukarkan uang atau jasa mereka dengan manfaat atau nilai jasa anda yang seimbang.

  • Harta warisan tanpa Ilmu dan Budi sama dengan Ludes

Kebanyakan suksesi bisnis yang tidak bisa bertahan lama ialah bisnis yang di jalankan oleh yang melewati generasi ketiga. Sekalipun anda kaya raya – janganlah anda menjerumuskan anak dan cucu anda dengan kemewahan dan kemudahan hidup. Seyogyanya anda mengajar mereka agar bisa menghargai jerih payah dan hasil keringat sendiri. Bekali mereka dengan budi pekerti, teladan, iman, dan pendidikan yang tinggi, kemudian suruh mereka bekerja merintis karir di luar perusahaan anda sampai mereka benar-benar murni berpengalaman, berwawasan, tahu susah, dan tahu menghargai nilai uang juga nilai prestasi.

  • Kekuasaan tanpa Hati Nurani sama dengan Tirani

Jika anda seorang penguasa, hal yang paling di perlukan selain kompetensi adalah hati nurani. Hati nurani adalah suara hati kecil, yakni suara yang memberikan pertimbangan dan keseimbangan ingatan tentang kebaikan dan kejahatan, dll. Apabila anda tidak menuruti suara hati nurani, maka anda akan melakukan tindakan kejahatan yang terus-menerus. Suara hati nurani yang tidak pernah anda gubris, maka hati anda akan keras. Dan itulah waktunya anda menjadi tirani. Tirani artinya anda memerintah dengan tangan besi atau kejam. Sebagai tirani, anda bisa saja melakukan tindak kekerasan bagi orang-orang yang berani bersuara vokal kepada anda.

14. Hidup tak Seindah Puisi

Berpikir positif membuat kesalahan umum yang fundamental, yakni:

  • Oversimplify. Terlalu menggampangkan dan menyederhanakan kompleksitas hidup.
  • Utopis. Tidak realistis karena terlalu menjanjikan hal-hal manis yang tidak logis sehingga mengurangi kewaspadaan orang dalam menghadapi kehidupan yang nyaris kejam.

Menurut Johanes, dia bukan tidak setuju bahwa berpikir positif itu baik, tetapi kita harus berpikir dan berperilaku secara porsionil dan seimbang bahwa berpikir positif dan berpikir negatif itu perlu. Fakta benar yang lebih realistis ialah jika kita berpikir positif saja pada hidup kita tanpa berpikir negatifnya, maka kita takkan pernah bisa mengantisipasi segala macam rintangan yang akan kita hadapi.

15. Manfaat Berfikir Negatif

Sebagai manusia jangan lupa mempergunakan akal budi kita. Begitu pula dalam bisnis, anda harus menggunakan akal budi untuk mengantisipasi hal buruk pada bisnis anda. Dalam merencanakan sesuatu, sebaiknya anda lebih banyak memikirkan negatifnya daripada positifnya. Manfaat dari berpikir negatif itu banyak, salah satunya ialah dengan berpikir negatif maka anda akan mengerti makna dari “Dimana hartamu berada, di situ hatimu berada.”

Harta itu sangat identik dengan hati manusia. Jika anda menginginkan komitmen orang lain, maka pegangla uangnya. Karena orang yang telah memberikan uang tanda jadi transaksi (down payment), mereka tidak akan membatalkan kontraknya karena mereka tidak ingin uangnya dihanguskan.

16. Perilaku Negatif

Perilaku negatif adalah memikirkan perkara yan negatif, dan melakukan hal-hal yang negatif yakni perihal yang merugikan orang yang bersangkutan, atau orang lain. Berbeda dengan manfaat berfikir negatif , yang artinya menyadari bahwa banyak orang berperilaku negatif, yang karenanya kita harus mengantisipasi dan menangkalnya melalui perilaku preventif yang positif. Ada beberapa perilaku negatif yang harus anda hindari, yaitu:

  • Tidak mempunyai tujuan hidup yang fokus dan berharga.
  • Kebiasaan dan pergaulan yang buruk.
  • Tidak mempunyai rasa percaya diri.
  • Bersifat malas.
  • Mudah menyerah, mudah putus asa.
  • Ketamakan atau keserakahan.
  • Iri dan dengki pada orang lain.

17.  Pelajaran Berpikir

Ada beberapa faktor yang berguna bagi anda untuk menjadikan anda mampu berpikir dengan baik, yaitu:

  1. GIGO (Garbage in garbage out) atau masuk sampah keluar sampah. Maksudnya, apa yang anda masukkan ke dalam pikiran anda, maka itulah yang mempengaruhi kualitas pikiran anda.
  2. Thinking quality cycle (siklus kualitas pikiran). Siklus kualitas pemikiran seseorang berasal dari: learning – knowledge – thinking, yakni proses belajar, menimbulkan pengetahuan, dan menghasilkan buah pikiran.
  3. Life is a continuous learning process (hidup itu suatu proses belajar yang terus-menerus). Anda harus gemar belajar dan terus-menerus belajar sampai kelak anda menjadi ‘tanah’.
  4. Dengan luasnya ilmu dan wawasan anda, maka anda akan berbeda dengan kebanyakan orang bodoh yang tidak bisa menggunakan common sense (akal sehat) sehingga memperdebatkan hal-hal yang tidak berguna.

Sumber : JOHANES LIM, Ph.D.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s


%d bloggers like this: