Empat gaya belajar

Berdasarkan pengalaman dan penelitian yang mereka lakukan, Honey dan Mumford (1992) mengemukakan empat jenis gaya belajar.

Aktivis adalah mereka yang melibatkan diri secara penuh dan tanpa prasangka dalam suatu pengalaman baru, sekaligus menikmati situasi dan merasa senang dengan pengalaman yang mereka dapatkan. Aktivis berpikiran terbuka dan antusias dalam menghadapi segala yang baru, serta cenderung bertindak terlebih dahulu dan baru sesudahnya mempertimbangkan konsekuensinya. Hari-hari mereka dipenuhi kegiatan. Dalam menangani permasalahan mereka senang menggali gagasan.

Reflector adalah mereka yang lebih senang memundurkan langkah untuk dapat mempertimbangkan dan mengamati pengalaman dari berbagai perspektif. Mereka mengumpulkan data tentang pengalaman dan kejadian, baik yang menyangkut diri sendiri ataupun pihak lain lebih senang mengamatinya dengan teliti, dan menunda melakukan kesimpulan selama mungkin. Mereka sangat berhati-hati, serta lebih suka melihatsegala sesuatu dari semua sudut dan implikasinya sebelum melakukan tindakan.

Teoris adalah memadukan pengamatan dalam suatu teori yang kompleks, namun masuk akal. Dalam menangani permasalahan, mereka akan mengambil garis vertical dan menempuh cara langkah demi langkah yang logis. Mereka akan mencernakan sejumlah fakta yang berbeda-beda menjadi teori yang masuk akal dan sebagai seorang perfeksionis, mereka tidak akan berhenti sebelum segala sesuatunya terlihat beres dan rasional.

Pragmatis yakni senang mencobakan ide, teori dan teknik dengan maksud melihat hasilnya bila dipraktekkan. Mereka akan menggali ide-ide baru dan akan mengambil kesempatan pertama untuk bereksperimen. Inilah tipe yang akan kembali dan kursus manajemen dengan segudang gagasan, dan ingin segera mempraktekkan pengetahuannya. Mereka senang mengenal hal-hal baru, cepat bertindak, dan merasa mantap menghadapi ide-ide yang menarik perhatian mereka.

Posted By: Dharmajaya Indonesia Communication

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: